Minggu, 28 Juni 2015

Tips Sehat Memilih Wadah Makanan Berbahan Plastik dan Misteri Angka di Dalamnya

Posted by on Minggu, 28 Juni 2015

Tips Sehat Memilih Wadah Makanan Berbahan Plastik dan Misteri Angka di Dalamnya - Salah satu daftar perabot rumah tangga yang cukup penting adalah Food container  atau wadah makanan. Selain menjadi perlengkapan dapur, wadah makanan/minuman juga sangat di butuhkan untuk menunjang kebutuhan kita sehari-hari, salah satunya adalah wadah makanan/minuman berbahan dasar plastik.

Tapi perlu kehati-hatian dalam memilih bahan makanan/minuman yang berbahan dasar plastik. Karena jika salah pilih justru bisa jadi petaka bagi yang menggunakannya. Apalagi di zaman modern seperti sekarang ini. Semakin canggih teknologi yang di gunakan oleh manusia, semakin banyak pula hal-hal yang ia ciptakan. Dan tak jarang banyak oknum yang tidak bertanggung jawab dan dengan sengaja memproduksi wadah makanan/minuman dengan berbahan dasar plastik yang berkualitas rendah. Hal ini tentunya sangat merugikan konsumen. Karena semakin lama makanan/minuman disimpan, maka akan semakin terkontaminasi pula dengan bahan kimia pada food container/wadahmakanan tersebut. Mulai dari ancaman beresiko bisa terkena penyakit kanker, gangguan fungsi hati dan ginjal dll.

Ada banyak hal yang perlu di perhatikan jika Anda ingin berbelanja wadah makanan/minuman berbahan dasar plastik. Cek dan membandingkan suatu produk sebelum membeli sangatlah penting.

Wadah makanan yang baik harus memenuhi salah satu criteria di bawah ini:

  1. Memiliki simbol gelas dan garpu.
  2. Memiliki tulisan 'Food Grade' atau tulisan 'Approved by FDA'.

Salah satu hal yang paling penting adalah memperhatikan tanda panah yang menyerupai bentuk "segitiga" yang sering ditemukan pada wadah berbahan plastik.

Dari bebagai sumber yang penulis ketahui. Ternyata dalam setiap tanda segitiga tersebut terdapat angka didalamnya yaitu angka 1 - 7. Dan setiap angka memiliki arti yang sangat penting untuk kita ketahui. Berikut selengkapnya:

Angka 1 (PETE/PET): jenis plastik yang hanya boleh dipakai sekali dan tidak boleh digunakan untuk menyimpan minuman/makanan yang panas/hangat.

Angka 2 (HDPE): jenis plastik yang memiliki bahan lebih kuat dan tahan terhadap suhu tinggi dan tergolong aman, namun hanya dapat dipakai sekali.

Angka 3 (V): jenis plastik yang sulit didaur ulang dan berbahaya untuk makanan/minuman karena mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk ginjal dan hati.

Angka 4 (LDPE): jenis plastik yang kuat dan fleksibel, mudah didaur ulang dan aman untuk makanan/minuman.

Angka 5 (PP): jenis plastik terbaik diantara yang telah disebutkan sebelumnya. Sangat aman untuk makanan dan minuman.

Angka 6 (PS): jenis plastik yang perlu dihindari untuk makanan/minuman karena sangat berbahaya untuk kesehatan dan dapat berdampak pada janin perempuan.


Angka 7 (OTHER): jenis plastik yang banyak digunakan pada peralatan dapur, memiliki jenis bahan yang kuat namun tidak dianjurkan digunakan sebagai tempat makanan atau minuman.


Demikian pengalaman dari saya pribadi dan berbagai sumber yang saya baca tentang tips memilih wadah makanan/minuman sebagai salah satu perangkat dapur untuk menyimpan dan menyiapkan makanan secara efektif. Salah satu produk yang saya kenal adalah Priceza Indonesia. Produk tersebut membantu pembeli untuk berbelanja dengan cerdas setiap hari dengan 3 langkah sederhana: cari, bandingkan harga, dan beli! Kunjungi www.Priceza.co.id untuk mendapatkan berbagai macam produk dengan harga termurah!

Terimakasih telah membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar